Kamis, 10 Januari 2013

Laporan tahunan


Nah.. sebagai caLon bidan niii,, kita terutama aku sendiri bakalan berhubungan langsung dengan yang namanya laporan tahunan,, Sehaaa.. ^.^ 
Gampang kok,, tinggal kerjain langkah-langkah dibawah ini untuk buat laporan tersebut.. :
  1. Buka file excel
  2. Untuk menulis judul, ketik judul di satu cell lalu klik Format Cells atau CTRL 1 pilih alignment  ubah text alignment menjadi center→ klik wrap text → OK
  3. Untuk menggabungkan 2 row sama dengan diatas lalu klik merge cells  OK
  4. Untuk membuat tabel, CTRL 1 pilih borders lalu pilih bentuk tabel  OK
  5. Buat judul dengan rumus =judul&" Puskesmas " &pusk&" "&kota&" Bulan "&JAN& " Tahun "&tahun → enter
  6. Tambahkan komentar pada judul dengan cara klik kanan pada judul lalu insert comment OK
  7. Membuat nomor urut yaitu ketik 2 nomor berurut ke bawah blok → tarik tanda tambah di pojok kanan bawah area yang diblok
  8. Hitung D/S dengan cara mengklik di area tabel D dan S rumus =E4/C4% enter
  9. Hitung K/S, N/D, N/S dengan cara yang sama dengan di atas
  10. Untuk membuat kategori bina D/S, dicari dengan rumus =IF(H7<TDSFEB,"BINA","-") enter
  11. Untuk kategori bina N/D dicari dengan rumus =IF(I6<NPERD,"BINA","-")→enter
  12. Untuk mengetahui hasil dibawahnya, tarik tanda tambah di pojok kanan bawah area cells
  13. Pada saat memasukkan nama dokter,NIP, NIPP,TPG,, sebelumnya telah dibuat tabel berisi bulan, nama dokter, NIP, TPG, dan NIPP
  14. Masukkan nama pimpinan Puskesmas, pelapor, dan NIP dengan rumus yang dibuat sesuai pada tabel yang dibuat pada poin 13 contoh =TPG14
  15. Untuk membuat grafik klik insert→pilih jenis chart yang akan digunakan →select data→blok tabel nama posyandu untuk category(horizontal) dan blok tabel D/S(series)→OK
  16. Untuk mengunci sheet  HomeFormatProtect Sheetmasukkan passwordOK
  17. Percantik lembaran excel dengan menambahkan Fill color sesuai warna yang diinginkan, dengan cara meng-klik kanan halaman, pilih format chat area (untuk backround area) dan klik format cell untuk fill colour.. 
  18. Untuk data triwulan dan semester, data bisa dirata-ratakan agar mendapatkan hasil pada laporan triwulan dan semester, caranya : untuk kolom S misalnya bisa menggunakan rumus =AVERAGE(JULI!C4,AGUSTUS!C4,SEPTEMBER!C4) → maka data pada kolom S merupakan rata-rata dari S pada bulan juli,agustus, dan september. Begitu juga untuk pengisian kolom D,K,N dan pada laporan semester.
  19. Terakhir jangan lupa, Save data .




SEMOGA BERMANFAAT FRIEND..
!! note for friends : Untuk mendapatkan laporan yang lengkap, silahkan download disini ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar