|
|
|
Nah.. sebagai caLon bidan niii,, kita terutama aku sendiri bakalan berhubungan langsung dengan yang namanya laporan tahunan,, Sehaaa.. ^.^
Gampang kok,, tinggal kerjain langkah-langkah dibawah ini untuk buat laporan tersebut.. :
- Buka file excel
- Untuk menulis judul, ketik judul di satu cell lalu klik Format Cells atau CTRL 1 pilih alignment → ubah text alignment menjadi center→ klik wrap text → OK
- Untuk menggabungkan 2 row sama dengan diatas lalu klik merge cells → OK
- Untuk membuat tabel, CTRL 1 pilih borders lalu pilih bentuk tabel → OK
- Buat judul dengan rumus =judul&" Puskesmas " &pusk&" "&kota&" Bulan "&JAN& " Tahun "&tahun → enter
- Tambahkan komentar pada judul dengan cara klik kanan pada judul lalu insert comment →OK
- Membuat nomor urut yaitu ketik 2 nomor berurut ke bawah→ blok → tarik tanda tambah di pojok kanan bawah area yang diblok
- Hitung D/S dengan cara mengklik di area tabel D dan S rumus =E4/C4% →enter
- Hitung K/S, N/D, N/S dengan cara yang sama dengan di atas
- Untuk membuat kategori bina D/S, dicari dengan rumus =IF(H7<TDSFEB,"BINA","-") →enter
- Untuk kategori bina N/D dicari dengan rumus =IF(I6<NPERD,"BINA","-")→enter
- Untuk mengetahui hasil dibawahnya, tarik tanda tambah di pojok kanan bawah area cells
- Pada saat memasukkan nama dokter,NIP, NIPP,TPG,, sebelumnya telah dibuat tabel berisi bulan, nama dokter, NIP, TPG, dan NIPP
- Masukkan nama pimpinan Puskesmas, pelapor, dan NIP dengan rumus yang dibuat sesuai pada tabel yang dibuat pada poin 13 contoh =TPG14
- Untuk membuat grafik klik insert→pilih jenis chart yang akan digunakan →select data→blok tabel nama posyandu untuk category(horizontal) dan blok tabel D/S(series)→OK
- Untuk mengunci sheet → Home→Format→Protect Sheet→masukkan password→OK
- Percantik lembaran excel dengan menambahkan Fill color sesuai warna yang diinginkan, dengan cara meng-klik kanan halaman, pilih format chat area (untuk backround area) dan klik format cell untuk fill colour..
- Untuk data triwulan dan semester, data bisa dirata-ratakan agar mendapatkan hasil pada laporan triwulan dan semester, caranya : untuk kolom S misalnya bisa menggunakan rumus =AVERAGE(JULI!C4,AGUSTUS!C4,SEPTEMBER!C4) → maka data pada kolom S merupakan rata-rata dari S pada bulan juli,agustus, dan september. Begitu juga untuk pengisian kolom D,K,N dan pada laporan semester.
- Terakhir jangan lupa, Save data .
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar